Bisnis Sukses dengan 7 Strategi Berjualan Dropship

 


Hai, Seller! Jika, kalian ingin mulai memulai bisnis namun belum memiliki modal yang cukup, kalian dapat merintis bisnis online tanpa modal dan berperan sebagai dropshipper. Apa itu dropshipper?

Berbeda dengan reseller yang harus mengeluarkan modal serta tempat untuk menyimpan stock barang, seorang dropshipper cukup mengunggah foto produk dari supplier kepada calon pembeli, selanjutnya supplier-lah yang akan mengirimkan pesan pembeli atas nama dropshipper atau nama bisnis kalian.

Karena penerapannya yang mudah, bisnis dropshipping aman untuk dijalankan oleh pemula. Namun, ada baiknya jika kalian menyimak 7 strategi berjualan dropship berikut agar jualan kalian menjadi laris manis!

7 Strategi Bisnis Dropshipping

  • Pahami Kebutuhan Pasar

Sebelum menentukan produk yang akan kalian jual, ada baiknya jika kalian memahami dulu apa yang menjadi kebutuhan serta menarik perhatian pasar. Setelah mengetahui kedua hal tersebut, kalian dapat memilih produk yang mampu memberikan solusi.

  • Memilih Supplier yang Berkualitas

Setelah menentukan produk yang akan kalian jual, strategi berikutnya adalah memilih supplier yang tepat dan berkualitas. Ada beberapa tips untuk mendapatkan supplier terbaik:

1. Fokus pada Satu Produk

Pastikan supplier memang memiliki keahlian dalam meng-handle barang yang mereka produksi, dalam artian mengerti industri, persaingan pasar serta jenis-jenis produk. Sehingga, kualitas dari barang tersebut terjamin kualitasnya.

2. Mudah di Jangkau

Pilihlah supplier yang mudah di jangkau, baik dalam posisi maupun komunikasi, dimana sebuah supplier memiliki posisi di pusat kota, agar barang lebih cepat sampai ke tangan pembeli.

Sedangkan untuk komunikasi, pastikan supplier mudah di jangkau melalui berbagai media, seperti email, chat dan telepon agar saat orderan menumpuk maupun terjadi masalah, supplier dapat dihubungi kapanpun.

3. Mempelajari dan Memahami Produk

Tak hanya supplier yang harus mengerti produk, kalian sebagai dropshipper harus memahami karakteristik serta fungsi dari produk yang kalian jual. Sehingga, saat pembeli memiliki pertanyaan seputar produk, kalian dapat menjawabnya dengan lancar.

4. Memilih Tempat Pemasaran

Setelah mengetahui jenis produk yang akan dijual, siapa supplier dan target market-nya, langkah selanjutnya adalah menentukan tempat memasarkan produk kalian. Apakah menggunakan media sosial seperi Facebook dan Instagram atau menggunakan marketplace seperti Tokopedia?

Bisnis dropship di Tokopedia sangat mudah, lho! Kalian tidak perlu repot membuat website. Cukup daftarkan diri kalian, upload foto produk dan kalian telah siap menerima pesanan. Selain itu, Tokopedia memiliki tipe pembayaran yang beragam serta menggunakan rekening bersama, sehingga proses transaksi menjadi lebih mudah.

Baca juga: Tips Memilih Supplier yang Tepat untuk Bisnis Anda

  • Modifikasi Foto Produk

Meskipun supplier telah menyediakan foto produk katalog, kalian jangan mentah-mentah menggunakannya. Ingat, dropshipper dari supplier tersebut bukan kalian saja, usahakan foto produk yang kalian pakai berbeda agar lebih menarik perhatian.

Coba beli beberapa produk dari supplier untuk kalian foto sendiri. Salah satu cara foto produk agar menarik tanpa jasa fotografer adalah dengan mengambil foto produk pada background putih, meskipun skill fotografi kalian pas-pasan, foto produk akan terlihat lebih rapih dan profesioanl.

  • Promosikan Produk

Sebagus apapun produk yang kalian jual, semuanya akan sia-sia jika tidak ada orang yang melihatnya. Cara promosi produk paling murah dan gampang adalah via word-of-mouth atau mulut ke mulut, tawarkan produk pada ligkungan kalian  dan mintalah bantuan mereka untuk mempromosikan ke temannya.

Nah, kalau ingin berjualan dengan skala yang lebih besar, kalian bisa promosi lewat Instagram dengan sistem paid promote di Instagram Story, sesuaikan artis atau selebgram dengan target market dan budget kalian.

Kalian juga bisa memanfaatkan fitur TopAds di Tokopedia agar toko online kalian berada pada halaman teratas pencarian agar mudah ditemukan oleh pembeli.

  • Tingkatkan Pelayanan

Selain melakukan promosi penjualan, kalian juga harus meningkatkan pelayanan toko online kalian. Membalas pertanyaan calon pembeli secara fast response sangat penting, sehingga calon pembeli tidak harus menunggu lama atau malah batal membeli, pelayanan yang cepat tanggap juga membuat pembeli senang dan memungkin mereka untuk merekomendasikan toko online kalian.

Itu tadi strategi yang dapat kalian terapkan agar menjadi dropshipper sukses! Tunggu apa lagi? Yuk, mulai bisnismu di Tokopedia!

Artikel Inspirasi Usaha Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top