Keberhasilan Wamendag Jerry Sambuaga dalam Perundingan IEU-CEPA

Wamendag Jerry Sambuaga dengan Komisioner Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan

Inspirasi Usaha, Jakarta - Wamendag Jerry Sambuaga menemui Komisioner Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan di Brussels, Belgia untuk membahas berbagai isu strategis perdagangan, termasuk upaya percepatan perundingan Indonesia-EU CEPA.

IEU-CEPA adalah kependekan dari Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement. Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa atau Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Uni Eropa.

Uni Eropa merupakan mitra dagang terbesar keempat bagi Indonesia. Ekspor utama Indonesia ke Uni Eropa termasuk produk pertanian, yang bernilai 4,3 miliar pada tahun 2015. 

Produk lain yang diekspor oleh Indonesia adalah mesin dan peralatan, tekstil dan sepatu, produk plastik, dan karet. Sementara Indonesia merupakan mitra dagang terbesar kelima Uni Eropa di Asia Tenggara namun hanya menempati peringkat ke-30 dalam urutan perdagangan Uni Eropa secara umum. 

Ekspor Uni Eropa ke Indonesia sebagian besar adalah produk industri, termasuk mesin dan peralatan, peralatan transportasi, dan produk kimia.

IEU-CEPA adalah sebuah perjanjian perdagangan bebas antara Indonesia dan Uni Eropa yang membahas berbagai aspek hubungan ekonomi secara menyeluruh. Perjanjian yang masih dalam tahap perundingan ini akan meningkatkan hubungan ekonomi dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

IEU-CEPA secara resmi dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia saat itu, Thomas Trikasih Lembong dan Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Cecilia Malmström.

Rapat IEU-CEPA di Brussels
Rapat IEU-CEPA di Brussels

Pertemuan Wamendag Jerry Sambuaga dan Komisioner Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan di Brussels merupakan pertemuan yang penting bagi Indonesia dan Uni Eropa berkaitan dengan ketidakpastian iklim ekonomi akibat politik populis dan pengaruh Brexit.

Dalam pertemuan tersebut Wamendag Jerry Sambuaga dan Komisioner Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan menyatakan akan semangat dan komitmen yang sama untuk menyelesaikan negosiasi CEPA. 

Indonesia yang diwakili oleh Wamendag Jerry Sambuaga mengajukan proposal agar perundingan dapat selesai tahun ini dan dapat membawa dampak positif bagi kalangan usaha maupun konsumen dari kedua belah pihak.

Proposal yang dibawa oleh Wamendag Jerry Sambuaga asal Indonesia tersebut disambut baik oleh Uni Eropa. Hal ini dapat dipahami sebagai geliat diplomasi perdagangan Indonesia ke depannya. 

Wamendag Jerry Sambuaga menyatakan bahwa hal ini merupakan momentum yang bagus dan harus dimanfaatkan oleh negara Indonesia untuk menunjukkan kehadirannya di panggung perdagangan dunia.

"Produk-produk baik barang maupun jasa harus didorong agar mendapatkan akses yang lebih besar di pasar internasional. Disetujuinya proposal Indonesia oleh Komisi Perdagangan Indonesia mencerminkan pentingnya peran perdagangan Indonesia. Kesepakatan ini akan menjadi jalan untuk mewujudkan kepentingan Indonesia di dunia perdagangan internasional, khususnya di Uni Eropa," kata Wamendag Jerry Sambuaga.

Jerry Sambuaga juga menyatakan bahwa Phil Hogan menyampaikan pesan keinginan perundingan IEU-CEPA dapat segera mungkin dicapai kesepakatan sebelum akhir tahun. Hasil yang didapatkan ini sangat berguna sebagai sinyal positif yang sangat baik bagi lawatan Wamendag Jerry Sambuaga ke Brussels.

"Tentu secara teknis ada beberapa hal yang harus ditindaklanjuti. Tetapi, secara umum kita menyambut baik sikap Uni Eropa. Kita berharap bahwa pertemuan ini dapat menghasilkan hasil yang baik dan resiprokal untuk kedua pihak, termasuk beberapa agenda kita di WTO esok hari," lanjut Wamendag Jerry Sambuaga.

Wamendag Jerry Sambuaga sangat yakin bahwa dengan dialog yang konstruktif dan produktif, perbedaan pandangan dan kepentingan bisa dijembatani. Optimisme Wamendag Jerry Sambuaga ini disambut dengan baik oleh Komisioner Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan Phil Hogan. 

Komisioner Perdagangan Uni Eropa Phil Hogan Phil Hogan sendiri memang menyatakan sangat senang berdialog dengan Indonesia. Hogan juga mendukung Wamendag agar penyelesaian IE-CEPA tidak terhambat oleh isu-isu perdagangan dan sengketa di WTO. Pihak Uni Eropa berjanji akan menyelesaikan sebaik-baiknya keluhan Indonesia.

Oleh karena itu Indonesia juga diharapkan dapat menyelesaikan keluhan-keluhan ataupun permasalahan Uni Eropa terhadap Indonesia, terutama dalam soal produk alkohol dan produk susu. Apa yang dikemukakan oleh Phil Hogan kepada Jerry Sambuaga memperkuat sikap dari Managing Director Europe External Action Service untuk Asia Pasifik, Gunnar Wiegand.

"Kita selangkah lebih maju dalam mewujudkan janji kami kepada kalangan usaha maupun konsumen di Indonesia. Wamendag Jerry Sambuaga berhasil mengajak Uni Eropa untuk menyelesaikan isu-isu krusial yang dihadapi kedua pihak dengan dialog konstruktif," ujar Deputi Menko Perekonomian, Musdhalifah Machmud.

Deputi Menko Perekonomian, Musdhalifah Machmud juga mengatakan dirinya sangat gembira dengan hasil pertemuan kali ini, sangat produktif dan konstruktif. 

Sebagai informasi Wamendag Jerry Sambuaga melakukan pertemuan tersebut didampingi oleh Dubes RI untuk Belgia, Luxemburg dan Uni Eropa, Yuri Thamrin serta Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan dan Pertanian, Musdhalifah Machmud.

Artikel Inspirasi Usaha Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top