Manfaatkan Tren Belanja Online Sebagai Strategi Bisnis Anda


Jakarta Di era digital seperti sekarang, banyak sekali hal-hal yang rumit telah dibikin mudah. Mulai dari transportasi bisa dipesan secara online, mengajukan pinjaman online cepat cair bayar bulanan hanya dalam genggaman saja, dan yang paling terkenal saat ini adalah belanja secara online, tanpa harus ke luar rumah.

Nah, teruntuk para pelaku bisnis, jangan pernah menganggap sepele ranah online, karena menurut riset dari Kredivo dan Katadata Insight Centre (KIC), mengatakan bahwa konsumen Indonesia semakin percaya dan nyaman dalam berbelanja online. Fakta yang didapat, jumlah rata-rata transaksi e-commerce per bulan dari kuartal pertama menuju kuartal terakhir pada 2019 terus meningkat. Puncak peningkatan ada di bulan Desember 2019 dengan jumlah transaksi lebih besar 22% daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan.

Ini mengindikasikan bahwa peluang untuk memulai bisnis online dan mentransformasikan bisnis konvensional menjadi online sangat besar. Ditambah lagi di masa pandemi seperti sekarang, belanja online lebih terkesan lebih aman dibandingkan bertransaksi secara konvensional. Ini merupakan kesempatan emas para pelaku bisnis untuk berlomba-lomba menjadi nomor satu dalam hati para konsumen online.

Namun, 2 hal tersebut bisa dibilang sebagai pendukung para pelaku bisnis untuk membuka toko atau bisnis secara online. Di samping itu ada 5 alasan utama mengapa banyak sekali orang yang beralih ke belanja online, dimana bisa kamu jadikan insight pada bisnis maupun perencanaan marketing. Tanpa banyak basa-basi lagi, mari simak ulasan berikut:

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Sebelum pandemi Covid-19 menyerang seluruh dunia, belanja online sangat berperan penting membantu orang-orang yang memiliki sedikit waktu luang. Sebab mereka tak perlu repot melewati kemacetan untuk sampai di suatu pusat perbelanjaan, dan bisa memperoleh barang yang diinginkan hanya dengan mengakses internet melalui smartphone kesayangan.

Nah, Anda bisa memanfaatkan kelebihan ini untuk menjadi komunikasi hingga promo brand Anda di dunia online. Contoh, sebuah brand service handphone yang memanfaatkan situasi ini bisa membuat satu komunikasi berupa,”Handphone kamu rusak? Kamu bisa memperbaiki handphone Anda di lokasi dan pada waktu yang sesuai untuk Anda inginkan.”

Dengan cara ini, Anda menjawab kebutuhan seseorang yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke toko handphone. Jangan lupa sertakan juga ongkos kirim untuk kurir atau tukang yang mendatangi tempat pelanggan.

2. Tersedia Banyak Promo

Banyaknya e-commerce membuat pelaku toko online memberikan banyak promo untuk menarik pelanggan. Beragam promo yang ditawarkan berbagai tempat belanja inilah yang membuat banyak orang menggandrungi bertransaksi di dunia maya. Jenis promo yang ditawarkan oleh pelaku bisnis online juga beragam, mulai dari berupa potongan harga, poin reward yang bisa ditukarkan, hingga voucher belanja.

Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa berpartisipasi mengikuti promo yang sedang berjalan, bahkan diberikan promo langsung dari e-commerce tersebut. Tentu ada syaratnya jika toko Anda ingin diberikan promo, misalnya Anda adalah toko resmi atau toko terpercaya di e-commerce tersebut.

3. Lebih Banyak Pilihan Pembayaran

E-commerce sendiri sudah bekerja sama oleh banyak bank atau lembaga keuangan lainnya, jadi untuk masalah pembayaran pada belanja online di e-commerce sudah sangat bervariatif. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, virtual account hingga pinjaman online cair bayar bulanan seperti Kredivo.

Bicara soal pinjaman online cair bayar bulanan, metode ini tengah naik daun di beberapa tahun belakangan. Sebab, Kredivo sebagai fintech yang memiliki layanan ini bisa memberikan akses kredit ke masyarakat yang belum pernah merasakan kredit sebelumnya. Ditambah lagi  bunganya sangat terjangkau, hanya 2,6% per bulan, dan metode pembayaran secara berkala, pelanggan bisa membeli barang yang diinginkan tanpa merogoh kocek yang dalam sekaligus.

4. Punya Varian Barang yang Lebih Lengkap

Ini bisa menjadi insight yang bagus untuk bisnis Anda serta bisa menjadi boomerang bagi toko Anda sendiri. Sebab, tidak sedikit orang yang membeli beberapa barang sekaligus dan menginginkan barang tersebut dikirim oleh satu toko saja untuk mengurangi ongkos kirim yang akan ia bayar.

Oleh karena itu, cobalah untuk melengkapi varian barang yang Anda pajang di toko online Anda. Semakin lengkap barang yang Anda tampilkan, semakin besar Anda akan mendapatkan pelanggan.

5. Bisa Membandingkan Harga Barang

Jika seseorang berbelanja produk yang diinginkannya di toko konvensional, tentu akan sulit untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya. Beda halnya di toko online atau ecommerce, tinggal membuka beberapa toko online sekaligus, mencari barang yang mau dibeli, lalu bandingkan harganya satu per satu.

Ini bisa menjadi strategi pemasangan harga maupun promo dari toko online Anda. Namun, Anda harus observasi terlebih dahulu berapa harga yang diberikan kompetitor, jika harga di toko Anda lebih murah, berarti Anda memiliki kesempatan untuk bisa memenangkan persaingan. Namun jika lebih mahal, cobalah untuk memberikan promo atau bundel produk yang menarik.

Misalnya harga ban sepeda mereka A di toko Anda sebesar Rp120.000, sedangkan di toko B sebesar Rp105.000. Anda bisa memberikan gratis ongkir atau memberikan gratis pewangi mobil secara gratis. Dengan cara ini, bisa menarik perhatian pelanggan untuk berbelanja di toko Anda.

Artikel Inspirasi Usaha Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top